Tips Perawatan Genset Agar Awet

 On 06 August 2014  

Generator merupakan alat teknik yang perlu diperhatikan dengan serius agar terjaga daya tahan umurnya sehingga tetap optimal. Bagi yang menggunakan engine 2 tak, 4 tak ataupun mesin diesel juga perlu merawatnya.

Genset Generator

Berikut ini beberapa langkah perawaran mesin generator yang baik :
  • Selalu cek kapasitas oli mesin agar sesuai dengan kapasitas mesin dan juga dari segi kekentalan oli mesin juga berpengaruh. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa oli yang digunakan adalah oli yang memiliki standart yang baik. Sehingga kualitas terjamin dan dampaknya akan terjadi pada kualitas mesin.
  • Lakukan secara rutin untuk melakukan pemanasan mesin generator Anda. Hal ini dapat disesuaikan dengan jenis generator tersebut. Untuk generator yang menggunakan starter elektrik cukup dalam waktu seminggu sekali untuk dilakukan pemanasan mesin. Karena jenis generator dengan daya listriknya berupa aki harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Apabila dihidupkan dalam waktu yang lama, maka aki akan menjadi kosong, sehingga tidak akan dapat dihidupkan melalui starter elektrik dan harus menggunakan tuas atau sistem recoil.
  • Untuk generator yang tidak memakai starter elektrik, dapat lebih lama untuk tidak menghidupkan mesin. Kondisi akan tidak bermasalah meskipun tidak dihidupkan dalam kurun waktu hingga satu bulan. Namun, alangkah baiknya jika dua atau tiga minggu sekali dilakukan pemanasan mesin. Hal ini dikarenakan agar ruang sirkulasi mesin terlebih untuk oli mesin agar dapat bekerja dengan baik.
  • Penggunaan generator pada kapasitas continous akan lebih memperpanjang umur generator daripada menggunakannya dalam kapasitas maksimum.
  • Untuk penggunaan generator, jangan digunakan secara bersamaan. Lebih baik digunakan secara bertahap agar tidak memiliki beban daya yang tinggi.
Itu sedikit tips perawatan mesin genset agar awet. Semoga bermanfaat.
Tips Perawatan Genset Agar Awet 4.5 5 Unknown 06 August 2014 Tips Perawatan Genset Agar Awet dan selalu dapat bekerja dengan maksimal Generator merupakan alat teknik yang perlu diperhatikan dengan serius agar terjaga daya tahan umurnya sehingga tetap optimal. Bagi yang meng...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.